My Thoughts

Model ASSURE untuk Mendesain Pembelajaran Sukses (RESENSI)

Image result for buku assure
source: google

Judul Buku                : Model ASSURE untuk Mendesain

Pembelajaran Sukses

Penulis                       : Benny A Pribadi

Penerbit                     : Dian Rakyat

Kota Terbit                : Jakarta

Tahun Terbit             : 2011

Jumlah Halaman      : 178

Pembelajaran sukses perlu didesain secara bertahap (sistematik) dan menyeluruh (sistemik). Proses sistematik dan sistemik dalam merancang aktivitas pembelajaran pada umumnya diungkapkan dalam bentuk model desain pembelajaran. Buku yang ditulis oleh Pak Benny ini mengupas tentang satu model desain pembelajaran yaitu model ASSURE. Model desain pembelajaran ASSURE menggambarkan langkah-langkah yang sistematik dan menyeluruh tentang aktivitas yang dilakukan untuk mendesain program pembelajaran yang sukses.

Model ASSURE merupakan nama singkatan dari langkah-langkah desain pembelajaran yang terdiri dari: A (analyze learner characteristics), S (state performace objectives), S (select, methods, media, and materials), U (utilize materials), R (requires learner participation), E (evaluate and revise). Buku yang membahas utuh tentang langkah ASSURE ini sangat jarang ditemukan, bahkan dalam buku berbahasa Inggris sekalipun.

Model ASSURE yang diciptakan oleh Smaldino dan kawan-kawan (2005) ini merupakan model desain pembelajaran yang sangat sederhana dan mudah digunakan untuk menciptakan aktivitas pembelajaran sukses yang efektif, efisien dan menarik. Model ini dapat diaplikasikan untuk mendesain aktivitas pembelajaran, baik yang bersifat individual maupun kelompok. Selain itu guru dan perancang program pembelajaran (instructional designer) mendapat kemudahan dalam memilih metode, media, dan bahan ajar yang tepat untuk digunakan dalam menciptakan pembelajaran yang sukses.

Langkah awal dari model desain pembelajaran ASSURE adalah mengidentifikasi karakteristik siswa yang akan melakukan aktivitas pembelajaran. Setelah itu, menetapkan tujuan pembelajaran yang spesifik. Langkah berikutnya memilih metode, media dan bahan ajar yang akan digunakan. Lalu menggunakan ketiganya dalam kegiatan pembelajaran dan keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Dan langkah yang paling terakhir adalah melakukan evaluasi dan revisi untuk menilai efektivitas dan efisiensi program pembelajaran serta capaian hasil belajar siswa.

Selain membahas langkah-langkah dalam menerapkan model ASSURE, buku ini juga membahas teori belajar dan prinsip belajar yang sangat berkaitan dalam menerapkan model desain pembelajaran ASSURE. Teori belajar merupakan panduan untuk mengembangkan metode dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan tujuan pembelajaran.

Pengimplementasian model ASSURE dalam pembelajaran, pendidik dapat memanfaatkan media dan teknologi untuk memfasilitasi siswa belajar sehingga mampu mencapai kompetensi yang diharapkan. Pendidik juga perlu memiliki pemahaman yang baik tentang materi atau substansi pembelajaran, metode, media pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu siswa dalam menempuh program pembelajaran dengan sukses.

Istilah pembelajaran sukses dalam buku ini dapat dimaknai sebagai aktivitas pembelajaran yang dapat  dimaknai sebagai aktivitas pembelajaran yang dapat memberikan dampak positif yaitu meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap orang yang belajar (learner), menggunakan sumber daya tersedia, dan mampu menarik minat dan perhatian siswa untuk terlibat secara aktif dalam aktivitas pembelajaran.

Buku ini sangat direkomendasikan untuk para pendidik atau calon pendidik dalam menciptakan pembelajaran yang sukses.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s